Kelebihan dan kelemahan problem based learning

 Kelebihan Penerapan  Problem Based Learning

  1. Dengan Problem Based Learning akan terjadi pembelajarn bermakna. Peserta didik yang belajar memecahkan suatu masalah amaka mereka akan menerapkan pengetahuan yang dimilikinya atau berusaha mengetahui yang dimilikinya atau berusaha mengetahui pengetahuan yang diperlukan. belajar dapat semakin bermakna dan dapat diperluas ketika peserta didik berhadapan dengan situasi dimana konsep diterapkan
  2. Dalam situasi Problem Based Learning peserta didik mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan
  3. Dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok
  4. Menantang kemampuan siswa serta memberikan kepuasan untuk menemukan pengetahuan baru bagi siswa.
  5. Meningkatkan motivasi dan aktivitas pembelajaran siswa.
  6. Membantu siswa dalam mentransfer pengetahuan siswa untuk memahami masalah dunia nyata.
  7. Membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan bertanggung jawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
  8. Mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan pengetahuan baru.
  9. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalam dunia nyata.
  10. Mengembangkan minat siswa untuk secara terus menerus belajar sekalipun belajar pada pendidikan formal telah berakhir.
Kelemahan Penerapan Problem Based Learning

  1. Ketika siswa tidak memiliki niat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencobanya.
  2. Untuk sebagian siswa akan beranggapan bahwa tanpa pemahaman mengenai materi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah mengapa mereka harus berusaha untuk memecahkan masalah yang sedang dipelajari, maka mereka akan belajar apa yang mereka ingin pelajari (Sanjaya, 2007).

Share:

0 $type={blogger}:

Post a Comment